Rabu, 28 November 2012

pengertian inovasi


Salah satu karakter yang sangat penting bagi seorang wirausahawan adalah skillnya dalam berinovasi. Tanpa inovasi yang tinggi, sebuah perusahaan tidak akan mampu bertahan lama. Itu semua disebabkan karena kebutuhan dan keinginan pelanggan yang berubah – ubah. Pelanggan tidak selamanya mengkonsumsi produk yang sama. Pelanggan akan mencari produk lain yang dirasakan dapat memberikan kepuasan bagi dirinya. Untuk itu inovasi ini dirasa sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan untuk lebih baik lagi.
                Inovasi adalah menciptakan hal yang baru yang berbeda kreasinya, biasanya dilakukan oleh perusahaan – perusahaan guna mengambil hati para pelanggan serta memberikan kualitas yang lebih baik lagi dibanding produk – produk lainnya.
                Prinsip – prinsip Inovasi :
1.       Sesuatu yang harus dilakukan
·         Menganalisa peluang.
·         Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang.
·         Sederhana dan terarah.
·         Dimulai dari yang kecil.
·         Kepemimpinan.
2.       Sesuatu yang tidak harus dilaksanakan
·         Mencoba untuk menjadi yang pandai.
·         Mencoba ingin mengerjakan sesuatu yang banyak.
·         Mencoba inovasi yang akan datang.
3.       Koondisi
·         Memerlukan ilmu pengetahuan.
·         Membangun keunggulan sendiri.
·         Inovasi adalah efek dari ekonomi masyarakat.
Peluang Inovasi :
1.       Penelitian dan pengembangan
Maksudnya : inovasi ini dapat dilihat dari penelitian dan pengembangan produk – produk yang umumnya dilakukan oleh sebuah perusahaan. Penelitian dan pengembangan ini merupakan suatu inovasi yang sistematis dengan metode – metode ilmiahnya.
2.       Keberhasilan dan kegagalan
Maksudnya : kebaikan dan kegagalan dalam sebuah perusahaan ntah itu perusahaan sendiri atau perusahaan orang lain mampu dijadikan sumber inovasi.
3.       Kebutuhan, keinginan dan daya beli masyarakat
Maksudnya : inovasi juga dapat bersumber dari kebutuhan, keinginan atau daya beli masyarakat. Misalnya saja semua masyarakat mempunyai kebutuhan akan perumahan, namun keinginan dari individu masyarakat tersebut berbeda – beda sesuai selera mereka masing – masing. Dan permintaan akan perumahan akan dipenagruhi oleh daya beli masyarakat.
4.       Persaingan
5.       Maksudnya : sumber inovasi yang sangat besar andilnya adalah persaingan dalam produk” baru. Dengan adanya persaingan perusahaan akan terdorong untuk berinovasi.

1 komentar:

  1. Titanium Tube - Baojititanium
    I love how the design of 의왕 출장안마 the system 통영 출장마사지 was designed. It is a nice design for many 평택 출장안마 reasons, but I have baoji titanium to admit there are 광양 출장안마 still a few flaws.

    BalasHapus